Wajib Diketahui! Diagnosa dan Pengobatan Untuk Penderita Penyakit Bronkitis


Apakah anda sedang tengah mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh bahkan dalam waktu berbulan-bulan? Jika demikian, maka anda patut mencurigai bahwa anda sedang terkena penyakit bronkitis. Penyakit ini sendiri memang ditandai dengan adanya batuk yang berlangsung dalam waktu yang lama bahkan bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada pasiennya.


Kondisi seperti ini biasanya bisa terjadi pada siapapun tidak terkecuali anak-anak. Hal ini tidak lain karena adanya berbagai macam faktor yang menyebabkan penyakit yang satu ini seperti terpapar rokok, tertular oleh penderita bronkitis sebelumnya hingga gaya hidup yang tidak sehat. Ada beberapa diagnose yang dilakukan untuk mengetahui penyakit yang satu ini. 

Wajib Diketahui! Diagnosa dan Pengobatan Untuk Penderita Penyakit Bronkitis

Diagnosa penyakit bronkitis 
Penyakit ini sendiri memang sering disamakan dengan penyakit pernapasan lainnya seperti pneumonia maupun asma. Hanya saja, pada penyakit bronkitis  batuk akan terjadi secara berkelanjutan bahkan suhu pasiennya bisa cukup rendah. Untuk mengatasi apakah seseorang terkena bronkitis ataupun  tidak maka akan dilakukan beberapa diagnose dibawah ini.

1. Xray 
Diagnose pertama yang dilakukan untuk mengetahui apakah anda terkena penyakit bronkitis ataukah tidak adalah menggunakan xray. Xray ini sendiri akan membantu para dokter untuk menemukan penyakit yang sedang anda idap tersebut. Tes ini biasanya sangat penting khususnya bagi para perokok.

2. Tes dahak 
Selain itu ada pula tes dahak, tes ini sendiri biasanya akan mengambil lendir dari pasien yang dikeluarkan dari paru-paru. Tes ini sendiri juga akan membantu dokter untuk mengetahui penyakit apa yang tengah anda idap tersebut.

3. Tes fungsi paru-paru
Berikutnya ada juga tes paru-paru. Tes ini sendiri dilakukan untuk mengukur jumlah udara yang terdapat didalam paru-paru yang bisa  anda simpan selama beberapa waktu.

Cara mengobati penyakit bronkitis
Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit bronkitis ini diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan antibiotic
Cara pertama yang dilakukan untuk mengobati penyakit ini adalah dengan pemberian obat antibiotic. Obat ini sendiri mampu mencegah adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri pada pasien dengan kekebalan tubuh yang rendah.

2. Obat batuk 
Selain itu, para dokter biasanya juga akan memberikan pemberian obat batuk. Obat batuk ini sendiri berfungsi untuk mengurangi adanya gejala pada penyakit bronkitis ini. Terlebih lagi batuk yang berlangsung lama bisa mengganggu aktivitas pasiennya.

3. Pemberian obat lain
Terakhir, pengobatan lainnya yang dilakukan adalah dengan adanya pemberian obat-obatan lainnya seperti obat yang berfungsi untuk mengurangi adanya peradangan dan obat yang mampu membuka jalur yang sudah menyempit didalam paru-paru. Sedangkan untuk anda yang terkena bronkitis kronis, maka anda diwajibkan untuk mendapatkan rehabilitasi.

Demikian beberapa diagnose dan pengobatan yang bisa dilakukan kepada para pasien bronkitis ini. Selain itu, dokter juga akan menyarankan anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi air  putih yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar